do-it-myself · Korean daily

cooking, apparently :)

Okay, let’s say that it’s my everyday activity, now.

Sampe dulu pas nge-twit tentang ini, disindir sama eki ” Mbak mau belajar (ngambil) master apa belajar jadi istri mbak?”

Matek.

Banyak yang nanya sama gue, susah ga sih nyari makanan halal disini?

–Korsel bukan negara muslim, pengonsumsi pork, dan JEONGEUP-kota-yang-gue-tinggali-adalah-kota-kecil-gemah-ripah-loh-jinawi-bukan SEOUL–

Yaaaaa, menurut ngana?

Gue ga bisa bebas makan Korean dishes yang mengandung daging, ayam dan produk-produk lain (kaya snack atau ramyeon) yang mengandung lemak hewani. Banyak kok makanan halal, kaya seafood, tofu, telur..itu kan halal ya.

Tapi yaaa itu tadi, kalo ditanya gimana rasanya ramyeon, atau bulgogi atau menu serba daging atau ayam…gue  ga tau. hehehe..

waktu awal-awal gue dateng, gue berharap bisa makan di kafetaria kan ya, asal jangan pake daging, bisa deh makan apa aja..

eh ditanya  sama mister Vijay — kamu muslim, makannya halal atau strictly halal?
gue bingung dong, emang ada perbedaan ya antara halal sama strictly halal? bukannya halal ya halal, haram ya haram?
gue jawab aja akhirnya, karena ga mau macem-macem : strictly halal!

dan sama dia dibilang:

wah kalo gitu susah dong, kamu ga bisa makan di kafetaria dong (ngek)

hmm gitu ya, saya mungkin masak ya disini?

harus beli perlengkapan sendiri kalo gitu, kan disini common kitchen ya, jadinya kadang juga masak pork.

ahuahuahua…yasudahlah, akhirnya belilah gue bahan-bahan memasak dan perlengkapannya

Jangan tanya betapa ribet dan lebaynya gue waktu memutuskan masak dan bawa bekal makan siang, supaya bisa makan bareng sama labmates *mbulet amat kalimatnya yah..hihi~

Buru-buru setiaaaap hari, dari mulai mikir masak apa hari ini, de es be, tapi ga mau spoil keinginan untuk makan bareng sama mereka biar tetep eksis karena kata Dr. Lee, bonding time, kaya makan bareng itu penting di Korea.

Sebenernya memasak adalah budaya keluarga gue. Waktu di Indonesia, gue juga sering masak, tapi kan ga sendirian gini ya..ada Mama. kkk~

Karena disini kalo ga masak, ga makan. jadilah untuk mempersingkat waktu saya selalu mempersiapkan semua persiapan masak setiap weekend, susun menu untuk seminggu, belanja di downtown.

resep-resep ini saya dapat dari hasil gugling, bahkan saya sampe install app masak apa hari ini di hp..huehehehe.

ini sebagian hasil masakan saya ya, resepnya ga saya tulis–biar jadi porsi orang lain..silakan atuh di gugling saja 😀

image
image

Leave a Reply

