alhamdulillah :) · curcol · Korean daily

Korea, random stories #1

Alhamdulillah, 3 minggu di sini, masih masa honeymoon dan gue kerasan (meski kalo liat google map bekasi-dutakranji, langsung mbrebes mili 😦 ). Meski banyak yg harus di adjust. Tapi begitu pertama kali menginjakkan kaki di Korea, gue langsung suka, karena semuanya rapi dan teratur.

Jakarta was sooo much easier. Belanja pake troli dan begitu selesai, tinggal begitu aja juga bisa. kalo disini mah, kalo ga dibalikin, uang 100 won ga bakal balik. oh iya banget, gue liatin lah itu troli sambil mikir: “ini ngapa dirante sik?”, sampe vijay masukkin uang 100 won dan rantenya lepas. KRIK.

Kedua, pas gue belanja detergen…harganyaaaaa…..akhirnya gue pilih yg paling murah. begitu juga pas gue beli beras. gue ketemu sama mas2 TKI dan dia bilang mau beras cina atau thailand sama aja enaknya (yg mana akhirnya gue beli beras cina krn keliatan pulen), tapi ternyata beras cinanya lengket..huhu.

Abis belanja, ternyata ga dikasih plastik (ini gue udah cerita ya..hoho), pakenya kardus, dan kita harus ngepak2 sendiri.

untunglah vijay bawa mobil, ga bisa ngebayangin gue bawa2 beras sekarung dan belanjaan pake bis..

*note: kalo mau beli beras ga lewat online shop,ajak vijay..heheheh.

ketiga, disini gue sering banget jalan kaki, naik turun tangga tanpa elevator, padahal kalo di jakarta naik satu lantai aja mendingan nunggu elevator deh..dan jarak lab dan dorm gue keliatan jauuuuh banget. sampe gue dengan awalnya nanya ke Min Joo: “blah..blah..blah.. jadi dari dorm ke lab tiap pagi atau pulang, aku jalan kaki kan ya?” (sambil ngarep ada bis lewat)

Min Joo: Iya *ngangguk

Gue: 😦 *dasar manja.cih.

eh tapi pas udah dijalanin ga berat kok ternyata. sekarang malah sering jalan muterin lapangan abis lunch atau abis dari lab  malem2.

Oh iya, gue kangen banget suara adzan berkumandang, bersahut-sahutan..huhu..di sini mah mana ada. eh tapi waktu awal-awal dateng, kalo tiba waktu sholat, gue kaya ngerasa denger suara adzan gitu di antara perbukitan yg mengelilingi institute. dan gue kangen makan ayam goreng, daging dan sebagainya dengan puas..makanya kmrn waktu Dr Satesh bikin nasi biryani pake daging ayam halal, i was like..aaaak..ayam..ayam.. 😀 😀 *mereka emang sengaja masak ayam halal, biar gue bisa makan *terharu

Begitu juga waktu gue baru liat tulisan hangul *pork* di bumbu oriental yg gue beli, gue langsung nanya ke vijay (yg emg lancar bhs koreanya) dengan muka memelas *gue udah masak pake itu 1 kali an apa ya..huhu

vijay langsung menelpon temannya yg orang korea, untuk crosscheck, kalo itu mengandung pork atau hanya untuk dressing. dan ternyata hanya untuk dressing, itu hanya mengandung bebijian dan gue masih bisa masak pake itu, yay! begitu juga kalo di restoran, alhamdulillah orang-orang di sekitar gue berbaik hati mau ngasitau, kalo itu daging atau bukan, kalo no meat inside, seafood dan sayur kan gue masih bisa makan.

Ada lagi cerita, pas advisor lagi pergi gue izin sholat ke salah satu Dr. di lab. dan dia kalo gue ga usah ke dorm, bisa sholat disini. pas gue selesai sholat dia nanya:

“How many times a day u hv to pray, Ayu?”

“Actually, it’s 5 times a day..”

and he was like…oh seriously?? banyak amaaaat..

blm gue jelasin kalo selama di lab, gue cukup ibadah 2 kali aja kok, dan paling cuma 5 menit.huhu..

tapi baik juga ding, karena dia bahkan akhirnya nulisin keterangan “sedang ibadah– in hangul” yg bisa gue tempel kalo gue mau sholat. besoknya advisor dateng, gue malah dikasih 3 tempat alternatif buat sholat, in case ruangannya dipake. alhamdulillah ya Allah..ya Rahmaan..ya Rahiim..huhu..

akhirnya semua nanya kalo gue udah ibadah apa belum, sampe pas lagi period, jadi pada tau semua -____-”

Pada nanya atau komentar juga tentang:

“how may hijab do you have?”

“wow, it’s so dangerous!! you have to be careful! ” pas gue nyematin jarum untuk jilbab–kaya debus kali ya liatnya..haha

“when is ramadhan?”

“It’s not for human” saat mereka tau ttg ramadhan, yg akhirnya gue jelasin kalo emang ga boleh makan minum pas siang, tapi pas malem gapapa, dan pas puasa itu latihan mengendalikan diri juga, kaya ga boleh marah, bohong, dsb.

“muslim selalu komunal” pas Dr. L curcol ttg temennya yg muslim di jepang dan gue jawab kalo itu wajar, bukannya org korea, jepang kalo di negara org juga begitu? dan mereka membenarkan..semoga paham yaaah.. gue juga masih belajar Islam sih soalnya..huhu.

“are you comfortable with me?” karena mereka denger kalo muslimah ga boleh deket2 sama pria, yang akhirnya bikin gue ketawa ngakak, dan ngejelasin kalo dulu di ugm, cuma 3 perempuannya dan semuanya laki2.

“what? 3 diantara 30 orang? kok bisa kamu ga punya pacar? unbelieveable!” dan akhirnya cuma gue jawab ” gaktau” (sebenernya udah gue becandain, tapi mereka ga ngerti, yaudah gue jawaba ja nggak tau 😛 )

oh iya, gue lagi dalam proses beli hp sih ini, dan sementara menunggu hp, gue dipinjemin tablet karena gue butuh untuk komunikasi secepatnya untuk di daejeon..ahyak..alhamdulillah..heheheh :p. servicenya mantep bener si ahjumma..kkkk~

 

One thought on “Korea, random stories #1

Leave a Reply

