curcol

Alien Card.

Apa itu alien card?
Alien card itu semacam tanda pengenal untuk orang asing yang tinggal di Korsel.
Kayak semcam KTP..pengganti passport *kan ga mungkin selama tinggal di Korsel, kita bawa passport kemana-mana.

Nah, karena begitu pentingnya kartu ini (untuk beli handphone, bikin rekening bank dan dapetin koneksi internet), akhirnya saya diantar Mi Hee Eonni pergilah ke kantor imigrasi Jeonju.

Karena di Jeongup kan ga ada kantor imigrasi (udah bilang belom sih, kalo Jeongup, kaya tempat KKN dulu? sejuk, tenang, dikelilingi pegunungan. .cocok lah untuk menghabiskan hari tua *lho——sayanganya di kampus ini, muslimnya cuma ada 2-saya dan dormmate–Nashir)

Sampai di Jeonju immigration office, persyaratan-persyaratan pun dikeluarkan.
Biar ini postingannya bukan curhat *ngeles* maka saya share deh ya persyaratannya.

jadi..

persyaratan membuat alien card adalah:

1. Application Form (didapat dari kantor imigrasi)

2. Certificate of Admission (untuk yg mahasiswa ya, saya gatau kalo yang pekerja)

3. Passport

4. Surat keterangan tempat tinggal

5. Foto (yang pada akhirnya baru diketahui, background putih)

6. Registration Fee

Nah, lanjut lagi..setelah saya keluarkan semua persyaratannya, si mbak-mbak informasi ilang, kalo saya ga bisa pake foto yang saya bawa karena backgroundnya bukan putih. Saya pun disuruh foto lagi dengan biaya 6000 KRW.

Oh well, okelah saya foto lagi.

Karena dipikir udah lengkap semuanya, beranjaklah *hadeh bahasanya* kami ke tempat pengurusan alien card –resident information apa ya namanya–

pas saya keluarin semuanya (ini gue ga tau sih artinya, cuma nangkep dikit2, tapi krn pake bahasa tubuh ngertilah gue),,,,

Staf Imigrasi  (SI): ga boleh ini fotonya (sambil nunjuk2 foto yang benar –keliatan muka,ga boleh pake topi, keliatan kuping, hidung, mulut)

*gue dalem ati: Matiii! jilbab ini deh pasti yang dipermasalahin :(*

Mi Hee: emm..*sambil ga enak ngomongnya* kamu ga bisa pake foto yang ini, harus foto ulang lagi

Gue: oh oke *sok polos*

sampe tempat pemotretan…

Gue: *duduk aja depan kamera, kaya sebelumnya*

Staf Foto: err… *ngomong pake bhs korea sambil meragain lepas jilbab*

Mi Hee: emm, ayu bisa ga kamu ga pake hijab dulu, soalnya kalo di korea fotonya harus keliatan.

Gue: aku ga bisa lepas hijab di depan umum, karena ga dibolehin, Eonni. lagian temenku gapapa kok pake hijabnya di alien card tuh, di daejeon *boong sih ini gue, karena gue ga tau. tapi gue bilang aja begitu. BODO*

Mi Hee: *ngomong korea sama si SF* kayanya ngomongin hijab,Islam, daejeon, dsb..rundingan lah intinya dan gue bingung. serius. karena..

MIKIR DOOOONG EMANGNYA APA YANG SALAH DENGAN JILBAB? LAGIAN JUGA GUE GA BAKAL NYIMPEN BOM DALEM JILBAB ATAU BAJU (gue pake kaos, rok, dan scarf doang, fyi) -___-” *emosi

SF: err yaudah, kupingnya aja..kuping.. * sambil nunjuk2 kuping*

Mi Hee: ayu, kalo gitu kupingnya aja ya biar keliatan, karena kalo di korea harus begini.

dengan tampang nyureng, gue tunjukin lah kuping gue *dalem ati: DUA KAN INI? DUA??! -___-”

kalo di indonesia, itu tempat udah gue tinggalin deh. tapi karena ini korsel, gue gatau mana2..terus kalo gue ekstrim2 bgt ntar si Eonni, mikir: ini anak freak amat, hih. gimana dooooong..huhu..

jadilah gue foto dengan pake jilbab, tapi keliatan kuping. sounds weird eh?

Eonni udah membesarkan hati gue dengan bilang: cantik kok..cantik..

Gue: Jelek. aneh *pokerface*

SI: *nahan ketawa* –gue dalem ati: dasar nih orang.bzzzz…

di mobil, perjalanan ke Jeonju Hanok Village, kita ngelewatin katedral yang terkenal dan kebetulan ada para biarawati yang pake tutup kepala..

Gue: Eonni, tau Mother Theresa ga?

MH: Oh tau

Gue: Iya dia seorang katolik kan? itu lho yang dapet nobel karena kerja kemanusiaannya di India.

Gue: tau tutup kepalanya kan? hampir2 sama kaya gini kan ya? *nunjuk jilbab gue

MH: *ngangguk2 *mikir

Jadilah kita ke mampir ke Jeonju Hanok Village dan ke rumah Eonni.

dan kyak..ketemu keponakannya yang unyu2 (Min Jin, Jeong Hyuk dan Young Min) *langsung meleleh kalo ada anak2

sampe di dorm, chat sama sisko, nanya kenalan muslimah di kota lain, tentang masalah hijab di alien card..dan ternyata: gapapa kalo pake jilbab, TAPI (mungkin yaaaaa) TERGANTUNG DARI STAF IMIGRASINYA.

dasaaaaar #$%)P*%#@ *banting wajan *tendang kulkas

*oh iya, kedua petugas tadi perempuan semua kok, fyi–sisko sempet nyangka petugasnya laki2 soalnya*

well, doakan saya ya pembaca. karena saya butuh banyak doa di sini. serius. huks. oh oke,, saling mendoakan  deh 😦

See you then,

This slideshow requires JavaScript.

Advertisements

4 thoughts on “Alien Card.

  1. allien card?seru kayak e-ktp kdpn yg trintegrasi..masjd dsana brarti jarang ya yu?..btw sukses dan hati2 di sana,smg lancar Insya Allah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s