Daily · do-it-myself

Hitung-hitung Listrik ah..

Lagi terinspirasi sama tulisan salah satu teman-yang-bawel [haha..piss ukhti ;-)], tentang hitung menghitung listrik.

Ditambah pas pulang KKN, ibu kos tiba-tiba bilang kalo biaya listrik di kos naik jadi setengahnya.

weeks..dari 30rb sebulan>>menjadi 45rb sebulan!!

Padahal waktu KKN, ketika membayar tagihan listrik, kita [subunit 1] sampai terkaget-kaget karena ternyata biaya listrik selama sebulan cuma:

Rp 24.000,00 sodara2!!!

sampe-sampe salah seorang teman-yang-tajir-abis shock: “an***[umpatan:sensor]..padahal di Makassar, aku bayar hampir setengah juta buat sebulan.ada ac sih.tapi cuma 1.bedanya jauh betul..”

saya juga sempat berdecak heran sih, pondokan KKN kami berisi 9 orang [termasuk mbah kakung dan mbah putri] dan biayanya bisa seminimal itu.

Bandingkan dengan saya-seorang-diri-hidup-selama-1-bulan-harus-membayar-45ribu-untuk-1-kamar.

Yah..mungkin untuk teman-teman yang hidup di daerah yang notabene umr nya besar [jabodetabek], hal kaya gitu ga jadi masalah.

Tapi ini Yogya..bahkan untuk biaya listrik 30ribu aja sebenernya masih ada kembaliannya [baca ini deh].

Jadi berpikir: Coba kalo Indonesia punya PLTN..

harga listrik kita GA AKAN SEMAHAL ITU

GA AKAN ADA JUGA PEMADAMAN BERGILIR

GA AKAN ADA KRISIS ENERGI

NEGARA KITA JUGA AKAN MENJADI LEBIH MAJU

INSYA ALLAH..

so Guys, kita butuh reaktor nuklir nih..

GO PLTN INDONESIA!!!

*lho..malah curhat.

ehem-ehem..baiklah kembali ke topik masalah hitung-menghitung listrik ini 😉

Langsung aja kita lihat yuuk..

peralatan kos di kosku:

1. Lampu Hemat Listrik [asumsi pemakaian 5 jam perhari]

2. Laptop ku- si Cio [asumsi pemakaian 3 jam perhari]

3. Charger hp Nokia N-70 [asumsi pemakaian 1 jam perhari]

4. Kipas Angin Econ [asumsi pemakaian 1 minggu sekali]

5. Miyako Rice Cooker 350 watt [asumsi pemakaian 3 kali perminggu –yah..saya males masak nasi.hehe..]

6. Lampu tidur 15 watt [asumsi pemakaian 7 jam perhari ]

7. Setrika 350 watt [asumsi pemakaian 1 jam perminggu]

8. TV turner+monitor [asumsi pemakaian 2 jam perhari]

Kalo mengambil perkiraan biaya pemakaian listrik mengikuti teman-yang-bawel maka perkiraan biaya pemakaian listrik saya tidak akan sampai 45ribu.

Bahkan 30ribu masih ada kembaliannya.

Ooh ibu kos..anda terlalu cepat melakukan hal itu, Bu..

Advertisements

3 thoughts on “Hitung-hitung Listrik ah..

  1. hahaha..
    masih wajar mb’ hayu…
    aku yg punya alat2 kosan lebih sdikit dr mb’ Hayu,
    harus mmbayar 55-65rb / bulan..
    dan saia jg gk ngerti knapa bs smahal itu..

    hmm…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s