nuclear · resensi

Melawan Iblis Mephistopheles

Genre:  Science
Author: Iwan Kurniawan, dkk

Akhirnyaaa..
Liburan ini saya berhasil membaca buku ‘Melawan Iblis Mephistopheles’.
Buku yang membahas tentang keburukan PLTN ini ditulis oleh beberapa orang anti nuklir..
Alasan apa yang membuat saya, mahasiswi teknik nuklir UGM, dengan sukarela merogoh kocek demi memiliki buku itu??
Bukan karena cover. Karena covernya ga eye-catching (menurut saya).
Bukan karena lagi diskon (peluncuran buku pertama gitu lho..hehehe).
Saya hanya ingin tahu alur berpikir dan analisis dari para penggiat anti nuklir.

Buku ini diberi judul Melawan Iblis Mephistopheles. Judul buku yang provokatif,,karena menurut saudara2 kita itu: dengan dimulainya era nuklir, kita seperti Faust yang menandatangani kontrak untuk menjual jiwanya kepada Mephistopheles (raja iblis).
Saya tidak terkesan dengan gaya penulisannya yang cenderung seragam. Tidak pula terkesan dengan alur yang bagi saya biasa saja itu. Saya sulit menerima beberapa logika yang ada (karena saya mahasiswa nuklir, maybe??! ^^).
Ah..saya kecewa ketika ternyata di buku ini, mereka sama sekali tidak mendukung nuklir untuk maksud apapun juga. Bahkan tidak untuk keperluan non daya (dengan proses pengawetan makanan & Irradiasi bibit unggul). Padahal saat saya membeli buku ini, dan mengobrol dengan penjualnya -yang juga aktivis anti nuklir- ia mengatakan bahwa mereka TIDAK ANTI NUKLIR, hanya mereka tidak setuju dengan PLTN.

Leave a Reply

