alhamdulillah :) · curcol · nostalgia

SPMB 2006.

Sebenernya aku udah nulis ini diblog yang lama..
Tapi karena banyak yang nanyain lagi, jadi posting ulang deh..

SPMB
WaH,,begitu mendengar 4 huruf yang disebutkan itu,,pikiran saya langsung teringat pada (hampir) 3 tahun yang lalu. Saya,,sebagaimana layaknya siswa kelas XII SMA,,mempersiapkan 2 hari yang akan menentukan kelanjutan kehidupan saya nantinya hehehehe,,,
Rasanya, semua kemampuan dan pelajaran yang didapat dari TK- SMA akan saya curahkan pada 2 hari bersejarah itu,,Pokoknya habis-habisan banget lah,,
Sempet was2 juga sih,,coz saya sama sekali ga ikut bimbingan belajar [sementara teman2 saya yang lain mengikuti 1-3 bimbel sekaligus!!]
Sesal pun tiada berguna (halah),,
Akhir semester 2 pun tiba,,
Bagi siswa kelas XII, kegiatan belajar diliburkan selama ±1 bulan untuk mempersiapkan SPMB,,
Dengan semangat 45,,ditemani Sakinah yang suka mengklaim dirinya cutie (Plis deh SaQ!!) saya mendaftarkan diri pada sebuah bimbingan belajar yang mempunyai motto : ‘Kita Maju Bersama Allah Menuju Masa Depan Cemerlang’ bimbel apa itu sodara2??
Yup,,betul sekali NF alias Nurul Fikri,,(kayanya bentar lagi gw bakal dapet komisi ni,,krn uda promosi,,hehe3)
Atas rekomendasi paman saya yang bernama Bambang Hadi Waluyo atau biasa saya panggil Om Bambang dimana beliau merupakan adik kandung dari ibu saya yang bernama Kusniati,,saya ikut intensif lagi,,dimana?? Di BTA8,,yup,,yup bimbel yang mepunyai lokasi belajar di SMA8 itupun mejadi tempat intensif saya yang kedua,,
Sehingga, setiap hari saya bolak balik Duta Kranji-Kali Malang-Bukit Duri,,
Setiap mingggu pun diadakan try-out.Hasilnya,,??Jauh,,di bawah Nilai Nasional NF,,maupun Passing Grade BTA,,huhuhu mw nangis rasanya,,
Tapi itu saya jadikan pelecut untuk bangkit,,cie,,
HamPir setiap hari,,saya berangkat satu setengah jam lebih awal daripada waktu masuk NF,,krn kalimalang itu lho,,macet buangeet!! Setelah Dzuhur saya menuju Bukit Duri untuk intensif lagi,,
Hampir setiap hari pula,,saya pulang ke rumah kira2 pukul 8 malem,,
Bayangin,,Maghrib aja baru sampai Terminal Pd. Kopi,,akhirnya untuk Sholat MagHrib saya harus mencari masjid terdekat dulu,,-Masjid Rumah Sakit Islam-
Sering pula,,karena setelah keluar masjid terdengar adzan Isya,,saya balik lagi untuk sholat Isya,,hehehe. Selain itu sholat Dhuha,dzikir al ma’tsurat,tilawah,tahajjud,istikharah juga saya perkuat,,saya berusaha sekali untuk tawakal,,juga mempersiapkan mental seandainya ga keterima spmb.Walaupun itu susah,,
Cape?? BanGeT!! Tapi sabar2in ajalah,,Cuma sebulan qo,,
Kadang,,ada rasa jenuh,,cape,,bosen,,lelah,,eneg,,mw muntah,,hehehehe,,Tapi saya inget2 lagi perjuangan saya selama ini,,harapan kedua orangtua saya,,cita2 saya,,
Kadang,,saya merasa sebelum SPMB, saya mungkin akan meninggal (saking ga sanggupnya ngebayangin saya menghadapi soal2 SPMB).
Kadang saya merasa ga mungkin lolos SPMB,,tapi seorang sahabat saya mengingatkan
“Yu,,dari berjuta-juta sperma yang bisa membuahi ovum tu cuma satu,,dan finally kita semua lahir kan?? Insya Allah,,SPMb kita bakal bisa lolos lagi deh,,”
Lagunya Letto [Sampai Mati Sampai Nanti],,Terutama taushiyah,,kata2 penyemangat dari teman2 lewat SMS,, wuah,,itu mebuat saya semangat lho,,
Akhirnya,,hari pengisian formulir SPMB pun tiba,,saya masih sempat difoto buat buku tahunan lho ma uut,,kya senangnya,,(hehehe,,dasar sableng!!)
Pilihan pertama,,fakultas kedokteran uns
Pilihan kedua,,teknik elektro undip
Pilihan ketiga,,sastra inggris ui
Setelah selesai mengisi form SPMB,,saya pergi dengan hati gembira ke NF,,intensif (lagi!!)
Saat itu,,di NF saya dan teman2 dihujani nasihat2 dan penyesalan dari guru BIP,,why??
Karena kami sudah ngisi form,,dan selama ini ga pernah ada yang konsultasi ma dia.
Mendengar itu semua nasihat2 dan penyesalan serta pernyataannya untuk tidak bertanggung jawab jika terjadi hal2 yang tidak diinginkan,,saya rasanya mw nangis,,karena ngrasa pilihan saya tinggi semua,,dan itu kayanya bukan gue banget lah!! Hiks,,bt,,saya jadi sebel banget ma beliau,,
Keesokan harinya,,saya kembali ke sekolah bersama Mama untuk mengubah Form SPMB,,(saya bawa mama biar ga diomelin wali kelas,,he,,)dan ternyata banyak qo yang ngerubah tu form,,bahkan banyak yang beli lagi,,karena kalo dihapus takut kotor,,n bakal ga masuk ma computer SPMB,,
Tapi saya ga beli form lagi,,dihapus aja,,karena saya merasa ga enak untuk minta uang lagi ma orangtua,,itu kan kesalahan saya,,
Akhirnya saya ganti,,
Pilihan pertama,,fakultas kedokteran uns
Pilihan kedua,,TEKNIK NUKLIR UGM
Pilihan ketiga,,administrasi fiskal ui
Sebenernya,,nuklir tu karena pertimbangan papa
Trus fiskal ui,,itu karena pengen aja,,
Detik berganti menit,,
Menit berganti jam,,
Jam berganti hari,,
Huaah,,hari SPMB pun tiba,,
Yup,,Yup,,It’s the time!! Ternyata saya satu ruangan ma Nisa,,(kelasX,XI,XII slalu sbangku) kayanya dia ngikutin saya terus deh,,hmmm
Grogi!! Kemampuan dasar saya hancur!! Matdas,,oh matdas,,Cuma bisa ngerjain brapa soal,,beda bgt ma try-out,,biasanya saya bisa ngerjain 20 an soal,,tp sekarang,,
JANGAN MEMAKSA SAYA MENGATAKANNYA,,SAYA MALU,,PLIS,,hehehehe
Ditambah lagi orang2 yang seruangan dgn saya,,penuh bgt ngisi lembar jawaban,,
Swaktu pulang, 2 orang teman saya membahas jawaban2 mereka,,dan saya + nggliyeng (pusing bgt)..
Hari kedua,,
FIGHT!! Saya benar2 brusaha keras,,buat hari kedua,,fisika yang biasanya Cuma dikerjain 1 dan plg byk 2 nomor di TO,,skrg saya kerjain 5 nomor,,Wuih,,Alhamdulillah,,
Trus Mat IPa,,kimia,,biologi tcinta,,serta ipa terpadu,,saya brusaha mengerjakannya dengan hati2 dan penuh semangat,,coz mw bales hari pertama,,hiks,,tapi rasa ga yakin itu masih ada,,banget,,
Selesai sudah SPMB,,
Tinggal cocokin jawaban di NF atau BTA8,,tapi saya sama sekali ga cocokin jawaban saya,,takut,,ngeri,,pokoknya ga mau,,
Akhirnya kegiatan saya dalam menunggu hasil SPMB adalah:
Nonton tivi,,nonton dvd,,makan,,tidur,,ngemil,,tidur,,ngobrol ma tmen yang sptnya jg khawatir ma hasil SPMBnya,,dan juga tetap brusaha mendekatkan diri ma Allah.
Hampir sebulan (atau malah sebulan lebih ya?),,saya mnunggu,,
Masih ga yakin bakal keterima,,bahkan H-2 SPMB prasaan itu masih ada,,
H-1,,saya brusaha berprasangka baik ma Allah,,karena Allah tu mnuruti prasangka hambanya,,Lagipula Allah pasti lihat qo perjuangan saya selama ini,,
Pikiran saya saat itu,,ga pduli mw diterima dimana,,yang penting saya bisa bahagiain ortu saya dulu,,
Akhirnya di suatu pagi buta,,stelah sholat subuh,,saya online,,
Dan mengetikkan nama saya,,serta nomor ujian SPMB 306-21-00774,,
Ternyata,,dengan usaha saya yang sedikit,,dan rahmat Allah yang banyak,,saya LULUS sodara2 di TEKNIK NUKLIR UGM,,kya,,kya,,senangnya,,
Trus saya juga mengecek kembali di koran2 yang terbit pagi itu,,sampai beli 3 koran,,karena di koran pertama dan kedua ga mmuat anak2 yg lulus dari IPC
Sekarang,,adik2 kelas saya yang akan menghadapi SPMB,,
Mungkin sebagian mereka berpikir,,udah jadi mahasiswa tuh enak,,ga perlu puyeng2 mikirin uan,,spmb,,lagi,,
Tapi,,jujur kadang saya merasa kangen dengan masa2 itu,,
Karena saat itu saya merasa lebih dekat dengan-Nya,,
Karena saat itu saya merasa berdoa dengan lebih tulus dibanding hari2 biasanya,,
Karena saat itu membuat saya berusaha belajar untuk lebih tegar dalam menghadapi kenyataan hidup,,
Karena saat itu saya berusaha untuk tawwakal,,ikhlas,,pada ketetapan-Nya,,
(hmmm)

Ayo berjuanglah teman2ku,,
sekarang!!
Sebab hidup tidak mengenal siaran tunda,,-tarbawi bgt-
KEEP FIGHT!!

Advertisements

11 thoughts on “SPMB 2006.

  1. wah..wah..
    ternyata Hayu keren bgt semangatnya..
    iya ya jadi teringat masa lalu…

    klo ingat masa itu..wuiih..rasanya semangatnya tinggi bgt…
    sekarang?? duh saya mah jadi malu nih…semangat skrg lagi turun nih.. 😦
    lho koq malah curhat ya..hehe..maaf..

    eniwei, tetep semangat kawan!!

    *jadi banyak ngasih comment gini..hehe..

  2. semangat yang keren…. dulu gw juga perasaan yang sama saat beasiswa mongunkobakusho gw tembus tingkat nasional….tapi semua kandas karena nyokap ga punya duit buat pasport n uang jaminan sosial trus terpaksa ga ikut spmb….. hmmpf ……but here i am still alive, breath, eat, works n study….someday we’ll meet…. i will give great congrats 4 u….. keep running my skyline …. you always make all eyes beside you stunned…..

    best regards ….iyan (hachiroku)

    1. waah..sayang bgt tuh yan..
      tapi rencana ALAH lebih baik dibanding rencana kita sendiri kan?!
      insya ALLAH..
      *sembari bertutur pada diri sendiri*

  3. assalamualaikum,,..
    .ka’ soal ipc yg d.ujikan tuh brapa sih.?
    .truz low aku milih ipa rasanya sulit ga’ soalnya.?

    1. wa’alaykumsalam warahmatullah..
      soal ipc kan gabungan soal ipa & ips.
      jadi pas hari kedua, setelah ikut ujian ipa, kita stay untuk ikut ujian yg ips.

      milih ipa, sulit atau nggak?
      hmmm..relatif sih…
      yang penting, siapin aja semuanya 🙂
      saya sih dulu milih ipc, karena ga mau rugi–kan bisa milih 3 tuh.uhehe.

      sukses ya snmptn nya! semoga mendapat hasil yg terbaik!! 🙂 🙂 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s